Berapa kali popok bayi harus diganti? simak penjelasan ini !

Seberapa sering bayi harus mengganti popok setiap hari?

Umumnya, neonatus perlu mengganti popok hingga 12 kali sehari, kemudian secara bertahap berkurang hanya 6 hingga 8 kali sehari. Periksa popok bayi terlebih dahulu, terutama di bagian belakang. Kemudian ambil peralatan yang digunakan untuk membersihkan.

Beberapa bahan untuk dipersiapkan sebelum mencelupkan bayi adalah kain atau alas untuk meletakkannya, air bersih dengan kapas atau kain, tisu bayi, krim untuk melindungi kulit bayi, tempat untuk simpan popok kotor, popok baru, dan pakaian bersih. Ibu disarankan untuk belajar membedakan ruam yang disebabkan oleh ruam popok biasa dan ruam yang disebabkan oleh jamur. Ini karena keduanya membutuhkan terapi yang berbeda.

Tempatkan bayi di tempat yang rata untuk mengganti popok. Tempat yang paling cocok untuk mengganti popok adalah meja rias khusus atau lantai yang dilapisi kain. Jika Anda menggunakan meja ganti khusus, jangan pernah mencari di tempat lain untuk mengantisipasi kejatuhan bayi.

Buka popok dan letakkan segera untuk menyimpan popok kotor. Ini harus dilakukan agar popok kotor tidak terpengaruh oleh bayi. Setelah itu, mulailah membersihkan alat kelamin dan bokong bayi.

Agar bayi Anda tetap tenang ketika Anda mengganti popok, minta dia berbicara dan tertawa. Pada saat yang sama, itu dapat memperkuat hubungan antara bayi dan orang tua, sambil mendukung perkembangan respons mereka. Ibu dan ayah tidak membuat wajah suram atau jijik, karena ini pada akhirnya dapat menyebabkan bayi menganggap proses buang air kecil sebagai sesuatu yang negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *